Sunday 20 April 2014

KALIMAT SIMPLEKS DAN KALIMAT KOMPLEKS

Kalimta simpleks ialah kalimat yang hanya terdiri dari satu struktur dengan satu verba utama, seperti terlihat pada contoh (a) dan (b).
Sedangkan kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri atas dua struktur atau lebih dengan dua verba atau lebih, seperti terlihat pada contoh (c) dan (d).
Verba atau kata kerja (bahasa Latinverbum, "kata") adalah kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Jenis kataini biasanya menjadi predikat dalam suatu frasa atau kalimat. Berdasarkan objeknya, kata kerja dapat dibagi menjadi dua: kata kerja transitif yang membutuhkan pelengkap atau objek seperti memukul (bola), serta kata kerja intransitif yang tidak membutuhkan pelengkap seperti lari.

(a)    Tumbuh-tumbuhan tergolong kedalam makhluk hidup.
(b)    Tumbuh-tumbuhan [[yang ditanam dikebun itu]] tergolong ke dalam makhluk hidup.
(c)    Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
(d)    Tanaman kacang itu akan tumbuh subur apabila petaninya rajin menyiramnya.


      Seperti yang terlihat pada contoh (a) dan (b), verba utama itu adalah tergolong. Verba ditanam, yang terletak pada bagian yang diletakkan di dalam tanda [[ .. ]], bukan verba utama. Pada dasarnya, bagian yang diletakkan didalam tanda [[ .. ]] dapat dibuang dan hanya merupakan penjelas nomina yang ada didepan nya.

      Amatilah dengan cermat. Ternyata kalimat kompleks merupakan rangkaian dua kalimat atau lebih dengan konjungsi sebagai alat perangkainya. Pada contoh (c), konjungsi yang digunakan adalah dan, sedangkan pada contoh (d), konjungsi yang digunakan adalah apabila.

No comments:

Post a Comment