. Cara Kerja animasi komputer dan perkembangan
teknologi.
Proses pembuatan animasi awalnya
melibatkan penggunaan gambar tangan (manual), Dengan ditemukannya komputer maka
beban yang dikerjakan oleh para animatorpun sedikit terkurangi. Sebagai
teknologi canggih dengan adanya komputer lebih mempermudah pembuatan
animasi,dan konsep tiga dimensi (3D) animasi pun menjadi mungkin. Melalui
perangkat lunak dan pengembangan perangkat keras, komputer dapat menciptakan
ruang 3D virtual untuk proses animasi. Hal ini juga membuat lebih mudah untuk
mengedit urutan animasi karena lebih mudah untuk mengubah informasi digital.
Namun, kita juga harus ingat bahwa sudut pandang yang diberikan pada animasi 3D
akan menjadi sama dengan animasi 2D. Kedua jenis animasi yang ditampilkan pada
permukaan 2D, merupakan layar.
Satu-satunya perbedaan adalah seniman memiliki kontrol lebih besar atas animasi
3D dibandingkan animasi 2D. Dalam animasi 2D, jika sudut pandang perlu diaktifkan,
seniman harus kembali menggambar gambar dalam sudut yang berbeda. Namun, dalam
animasi 3D, semuanya adalah model 3D dalam dunia virtual 3D. Itu berarti para
seniman hanya perlu mengganti tampilan kamera dengan menggunakan bantuan
software. Dengan demikian,
itu membuat animasi 3D lebih mudah untuk memproses
dan terlihat lebih realistis.
Animasi grafis tidak hanya berhenti
di film dan gambar gambar bergerak, tetapi juga maju ke bidang yang berbeda
dengan bantuan teknologi baru. Komputer dapat membuat foto realistis tanpa
bantuan kamera dan akhirnya membuat footages animasi yang tampak seperti mereka
tangkap oleh kamera video. Perangkat
video capture menjadi lebih canggih dan kuat. Film dapat direkam dengan
resolusi sangat tinggi, dan proses transfer kepada konsumen menjadi lebih
mudah. Namun demikian, peran teknologi memainkan bagian yang sangat besar dalam
animasi, karena teknologi mempengaruhi perkembangan hardware dan software baru
untuk proses pembuatan animasi. Bukan hanya itu, kemajuan perangkat capture
seperti kamera video juga dapat menghasilkan film dengan resolusi yang lebih
tinggi, sehingga membuat Computer Graphic Pencitraan (CGI) sangat fokus.
Sekitar beberapa ratus tahun yang
lalu di mana tidak ada mikroprosesor, proses pembuatan animasi lambat dan
kualitas tidak benar-benar baik. Namun, sebagai teknologi baru yang ditemukan
seperti komputer, proses render film menjadi lebih mudah setiap hari. Namun,
karena teknologi baru memungkinkan gambar untuk memiliki resolusi sangat
tinggi, daya perangkat keras pengolahan juga menjadi tantangan. Dengan
"tenaga kuda" adanya komputer CPU (Central Processing Unit) dan GPU
(Graphic Processing Unit), waktu render untuk gambar selama 20 tahun terakhir
hanyamenghabiskan beberapa detik untuk menyelesaikannya. Namun, karena resolusi
tinggi, proses render akan memakan waktu lebih lama. Misalnya, film
"Transformers", sebuah film tentang robot alien yang mencoba untuk
menyerang bumi. Satu detik dari film biasanya memiliki 24 frame, dan kita dapat
melihat lama waktu yang diperlukan untuk membuat rekaman CGI yang mengagumkan
dengan teknologi terbaru yang tersedia.
Perkembangan teknologi tidak akan pernah berhenti dan dengan demikian animasi juga akan berkembang. Jika kita lihat kembali pada teknologi lama, kita harus kagum dengan kreativitas tersebut. Jika gambar menjiwai dapat dibuat dari teknologi kuno tersebut, bisa dipastikan akan ada lagi prestasi yang luar biasa di masa depan dengan penemuan canggih. Mungkin di masa depan, animasi 3D tidak akan terbatas pada layar 2D, tetapi kita akan melihat animasi 3D pada lingkungan nyata 3D .
Perkembangan teknologi tidak akan pernah berhenti dan dengan demikian animasi juga akan berkembang. Jika kita lihat kembali pada teknologi lama, kita harus kagum dengan kreativitas tersebut. Jika gambar menjiwai dapat dibuat dari teknologi kuno tersebut, bisa dipastikan akan ada lagi prestasi yang luar biasa di masa depan dengan penemuan canggih. Mungkin di masa depan, animasi 3D tidak akan terbatas pada layar 2D, tetapi kita akan melihat animasi 3D pada lingkungan nyata 3D .
No comments:
Post a Comment